Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Saturday, May 7, 2016

Definisi dan Fungsi Backlink untuk sebuah Blog Berkualitas


Tentu sudah tidak asing lagi kata BACKLINK ditelinga kita semua terlebih bagi yang konsen dengan Blog. Begitu besar sekali manfaat dan pengaruhnya terhadap Weblog yang kita kelola untuk meningkatkan SEO Blog yang merupakan sumber utama lalu lintas pengunjung ( Traffic Web ) dan Page rank di SERP ( Search engine Result Page ) dimesin pencari terbesar  seperti Google , Rating blog di Alexa dll.
Untuk itu kita akan bahas dan kupas tuntas semua yang berhubungan dengan yang namanya BACKLINK.


1. Apa definisi Backlink ?
Backlink adalah link balik atau link-link dari situs/blog/website lain yang mengarah dan tertuju ke Blog kita atau tautan dari weblog lain yang mengarah ke blog kita untuk meningkatkan SERP yang kemudian jumlah link-link tersebut menjadi nilai popularitas blog tersebut. Tautan Backlink bisa berbentuk text ataupun image.

2. Apa manfaat atau fungsi dari Backlink tersebut?
Manfaat dari backlink untuk blog yang kita kelola adalah sebagai berikut :
a. Optimalisasi SEO Blog
b. Meningkatkan Page rank Blog di SERP populer.
c. Meningkatkan popularity Blog kita dimata mesin pencari.
d. Meningkatkan lalu lintas Blog yang kita kelola.

3. Apa saja jenis Backlink ?
Pada dasarnya Backlink terbagi 2 jenis utama yaitu Backlink DoFollow dan Backlink NoFollow dan kedua jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda pula. Untuk DoFollow biasanya ditandai dengan atribut  rel=”nofollow” dan mesin pencari akan menjelajah semua isi dari blog tersebut dengan backlink yang mengarah ke situs lain sementara untuk Backlink NoFollow berlaku sebaliknya dan umumnya ditandai dengan atribtu rel=”nofollow”.

4. Apa pengertian dari Inbound Link dan Outbound Link pada Backlink ?
- Inbound link adalah Link yang menuju atau mengarah masuk ke blog atau website kita ( link yang kita terima), dan berdasarkan analisa algoritma search engine khususnya Google dan fakta ilmiah inbound link/ inlink menunjukan betapa pentingnya halaman sebuah situs atau blog yang mengarah kepadanya
- Outbound link adalah link yang mengarah keluar dari blog atau website kita ( link yang kita berikan untuk situs atau blog orang lain) link ini juga terhitung oleh algoritma google jika link ini menuju situs besar atau dalam arti yang memiliki pagerank tinggi dan relevan

5. Langkah apa saja yang bisa ditempuh untuk membuat Backlink ?
Ada beberapa cara atau langkah bisa ditempuh untuk membuat backlink berkualitas yaitu :

1.Backlink from Media Social
Dengan semakin banyaknya media social sekarang ini seperti facebook, twitter, linkedin, google+ dan lain sebagainya merupakan suatu wadah untuk memperoleh backlink. Mendapatkan backlink dengan cara ini adalah dengan membuat artikel di blog yang kemudian kita share ke sosial media tersebut. Walaupun backlink dari sosial media kebanyakan bersifat nofollow tetapi search engine tetap akan mempertimbangkanya terlebih kalau kita share ke sosial media google+ yang notabene merupakan kepunyaan google itu sendiri.
2.Backlink from Social Bookmarking
Fungsi sebenarnya dari situs situs social bookmarking adalah untuk menyimpan url situs yang disukai oleh user sehingga menjadi mudah apabila ingin membukanya kembali selain itu juga para pelaku SEO menggunakan situs social bookmarking untuk lebih mempopulerkan lagi blog atau website yang mereka kelola. Mendapatkan backlink dari situs situs social bookmarking akan berpengaruh apalagi backlink yang berasal dari situs social bookmarking yang mempunyai posisi page rank yang bagus dan bersifat dofollow
3.Backlink from URL with domain .gov,.org and .edu
Search engine google dipercaya sangat menyukai backlink dari situs-situs yang berdomain .gov .org dan .edu. Dan tentu saja wajar google sangat menyukai backlink dari situs situs berdomain tersebut karena untuk mendapatkannya lumayan sulit.
4.Backlink from Web Directory
Hampir sama dengan mendapatkan backlink dari social bookmarking, hanya perbedaannya terletak pada mendapatkan backlink dari web directory cukup hanya dengan memasukan url blog atau url feed blog yang anda kelola.
5.Backlink form directory articles
Cara mendapatkan backlink dari artikel directory adalah dengan cara membuat artikel yang bermanfaat dan berkualitas dan selanjutnya artikel tersebut submit ke situs artikel directory.
6. Backlink form Blogwalking
Blogwalking merupakan kunjungan anda kepada blog-blog lainnya. tidak hanya mengunjungi saja tetapi juga meninggalkan komentar yang baik yang disertai link aktif pada artikel blog yang anda kunjungi. Hanya mengingatkan saja cara ini jangan sampai anda lakukan secara membabi buta karena bisa dianggap spam oleh google.
7.Backlink from being a Guest Blogger
Mendapatkan backlink dari cara ini anda bisa menjadi salah satu penulis artikel pada blog atau situs yang sudah populer yang tentu saja atas persetujuan pemilik situs atau pemilik blog tersebut sehingga nantinya pada bagian biografi anda bisa memasang backlink untuk blog yang anda kelola. Selain backlink yang anda dapatkan cara ini juga bisa mendatangkan tambahan visitor untuk blog anda.
8.Backlink from Forum Signature
Apabila anda merupakan member dari suatu forum maka pasanglah link blog anda pada signature sehingga apabila anda memposting post pada suatu trit di forum maka anda mendapatkan backlink dari forum tersebut.

Dan tentunya masih banyak cara lagi yang bisa ditempuh untuk memperoleh backlink berkualitas.

Demikianlah uraian lenkap seputar definisi, fungsi dan cara membuat Backlink pada Blog, semoga bermanfaat.






1 comment:


  1. Hello,

    we provide affordable and result-oriented SEO services, please give a chance to serve you.


    Thanks
    Admin: E07.net

    ReplyDelete