Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Saturday, May 7, 2016

Definisi dan Fungsi Weblog Directory untuk sebuah Blog Berkualitas



Bagi seseorang yang sedang dan mulai konsen dengan yang namanya Blog, Website, Situs atau Weblog tentu tidak akan lepas dengan istilah seperti Backlink Blog dan Blog Directory karena kedua istilah ini erat sekali kaitanya dengan Page Rank, Traffic blog, Reputasi Blog dll dan tentu saja poin-poin inilah yang banyak dipakai dan diandalkan oleh seorang webmaster sekalipun dalam meraih reputasi blog.
Sebelumnya saya sudah sharing tentang definisi, fungsi, jenis dari Backlink dan sekarang saya akan sedikit berbagi tentang seputar definisi, fungsi dari Weblog directory.



Secara umum pengertian Web Directory adalah suatu situs direktori yang berisi kumpulan link yang mengarah ke situs web lain yang diletakkan berdasarkan kategori dan sub kategori sesuai keinginan webmaster atau si pengelola direktori website tersebut. 

Berikut ini ada beberapa definisi lain atau arti dari Web Directory tapi tidak mengurangi apalagi membuyarkan arti yang sebenarnya.

1.      Web/ Blog/ situs Directory adalah sebuah direktori di World Wide Web ( WWW ). Direktori web berisi pranala ke situs web lain dan mengatur pranala-pranala ke dalam sistem kategori dan hirarki. Tidak seperti halnya search engine, direktori web menyediakan kumpulan daftar website berdasarkan kategori dan sub-kategori. Direktori web disunting oleh manusia dan untuk sistem pengkategorianyapun tidak berdasarkan kata kunci tertentu, tetapi berdasarkan Intisari kesimpulan sebuah website. Pemilik Blog diperkenankan untuk mengajukan blog miliknya untuk dimasukkan dalam daftar di sebuah direktori. Setiap pengajuan akan diperiksa secara manual dan akurat untuk bisa masuk kedalam pangkalan data di direktori web tersebut. Setiap website hanya bisa masuk ke salah satu kategori atau maksimal hanya dua atau tiga kategori saja.

2.    Web/ Blog/ situs Directory ialah sebuah media dimana diperuntukkan untuk menampilkan Blog/ Web/ Situs berdasarkan kategori dan sub-kategori yang kemudian kita diuntungkan akan mendapatkan Backlink dari Web Directory tersebut.

3.    Web/ Blog/ situs Directory adalah sebuah web/ Blog/ Situs yang dipergunakan untuk mengumpulkan dan menampilkan beberapa Web/ Blog/ Situs berdasarkan kategori dan sub kategori tertentu yang sebelumnya dimasukkan/ dikirimkan ke blog directory baik gratisan maupun berbayar dengan harapan bisa meningkatkan Website Popularity dimata Search Engine.

4.    Web/ Blog/ situs Directory ialah suatu website yang berisi daftar alamat web (url) dengan suatu kategori dan sub-kategori tertentu. Dan tentu saja kategori yang dipilih harus diupayakan relevan dengan konten Web/ Blog/ Situs yang didaftakan tersebut.

Dan disamping definisi dari Web Directory, tentu saja memiliki fungsi atau manfaat yang bisa diraih dari maksud ini yaitu :

1.    Small Search Engine ( SSE ) adalah suatu tempat pencarian Website berdasarkan kategori dan sub-kategori tertentu yang sudah disediakan oleh pengelola Web/ Blog/ Situs Directory dilakukan secara manual oleh manusia.
2.    Helping Big Search Engine ( HBSE ) adalah membantu semua mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing dll ketika mengindex dan mengcrawl sebuah link yang aktif yang dilakukan oleh Robot mesin pencari.
3.     Portal Link Website ( PLW ) ialah kumpulan link-link Website berdasarkan kategori dan sub-kategori yang sudah dibuat.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai definisi dan fungsi web/ blog/ situs directory untuk blog, semoga ada manfaatnya.
Terimakasih.

No comments:

Post a Comment